10 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Kecerdasan

1 e1496911414791

Kecerdasan adalah sesuatu yang penting dalam menjalani hidup. Kecerdasan ini tentu melibatkan aktifitas otak.

Selain membentuk dan melatih tubuh (baca: otot tangan, lengan, punggung, perut, kaki, dll) kita juga perlu membentuk dan melatih otak untuk meningkatkan kecerdasan (baca: proses otak, ketajaman pikiran, dan memori).

Untuk membentu dan melatih otak, ini dia 10 kebiasaan untuk meningkatkan kecerdasan kita:

Observasi

Mulailah dengan mengobservasi hal-hal disekitarmu. Dengan mengobservasi, kita memberi ruang pada otak untuk mengolah informasi tentang hal yang lebih dekat dan konkrit sehingga tidak lagi mengawang-awang atau melantur.

Observasi bagus untuk melatih fokus dan ketajaman pikiran.

Belajar

Jangan pernah berhenti belajar tentang segala sesuatu disekitarmu. Dengan terus belajar, maka kita telah berusaha mengerti apa esensi dari hal-hal disekitar kita dan bagaimana cara segala sesuatu bekerja.

Bahkan dengan belajar kita bisa mengetahui apapun yang belum kita ketahui! Membaca dan menyimak adalah cara yang baik untuk belajar, kita bisa mendapat banyak informasi dengan cara itu.

Salah satu belajar yang sekaligus mampu menambah kapasitas ingatan (memori) adalah belajar bahasa baru. Mungkin kalian tertarik?

Menyimak

Banyak orang mendengar, tapi bukan berarti menyimak. Mendengar bisa berarti hanya mendengar tanpa memfokuskan pikiran pada topik yang diamati (didengar).

Sedang menyimak berarti menfokuskan segala pikiran untuk mendapatkan potongan-potongan informasi dari topic yang diamati.

Belajar menyimak akan mempertajam pikiran dan melatih proses otak dalam mengolah informasi. Latihan yang bagus.

Percobaan

Jangan pernah takut mencoba sesuatu. Karena tanpa pernah mencoba, kita tidak akan pernah tahu.

Try and error adalah cara yang baik untuk mengumpulkan banyak pengalaman tentang cara sesuatu bekerja.

Kita bisa belajar dengan cara melakukannya, sehingga pengetahuan tidak hanya berupa konsep tapi telah bisa diaplikasikan dalam hidup kita sendiri.

Pengembangan

Jika ingin meningkatkan kecerdasan, kita tidak boleh hanya berkutat pada satu hal saja. Kembangkan ‘dunia’ kita.

Kita perlu dunia yang luas yang terus-terusan memancing rasa ingin tahu kita. Dengan dunia yang luas itu, kita bisa menemukan lebih bayak hal menarik untuk diobservasi, dipelajari, disimak, dan dicoba.

Bicara

Kita juga perlu belajar bicara. Mungkin kita bisa mempelajari semua hal sendiri dan mendapatkan pengetahuan sebanyak-bayaknya, tapi ketika kita tidak berbicara, kita tidak akan pernah bisa benar-benar menguji apa-apa yang telah kita pelajari.

Belajar bicara bisa membantu kita merunutkan sesuatu sehingga pola pikir kita menjadi terarah.

Dan, yang paling penting, orang cerdas harus bisa menjelaskan dirinya dan semua gagasannya.

Latihan

Mulailah menjadi pribadi yang teratur. Dengan melakukan latihan mengatur dan mengatur latihan, kita tidak akan bingung dang bisa mengarahkan ‘minat’ kita pada sesuatu yang sifatnya lebih konkret.

Latihan di sini dimaksudkan sebagai tindakan menolak keserampangan. Kenapa? Karena otak perlu keteraturan agar terbiasa dengan pola tertentu.

Melatih keteraturan ini bisa dibantu dengan latihan berhitung atau semacamnya. Berhitung dapat membantu otak menjadi teratur dan menajamkan pikiran kita.

Meditasi

Meditasi bisa digunakan untuk mendinginkan pikiran. Menjadi orang cerdas yang terus berpikir tidak terlalu baik juga jika otak menjadi ‘terlalu-panas’.

Selain latihan berpikir, kita cuka perlu melatih untuk menenangkan pikiran kita. Ini akan membantu kita menjadi orang yang seimbang dalam kecerdasan dan emosi.

Menganalisis Kemungkinan

Jika kita telah melatih diri kita dengan cukup baik dengan semua hal di atas, maka kita bisa mulai berlatih menganalisis kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Menganalisis kemungkinan adalah salah satu bentuk pengaplikasian dari semua pengetahuan yang telah kita pelajari.

Karena, apa gunaya pengetahuan jika membantu kita dalam menghadapi apa yang akan terjadi?

Bermain Dengan Pikiran

Ajaklah otak kalian bercanda. Humor adalah sesuatu yang bagus untuk menjungkirbalikkan pikiran kita dalam artian yang positif.

Tentu humor yang dimaksud bukanlah humor rendahan dimana kita menertawakan fisik seseorang atau merasa lucu dengan hinaan.

Humor yang dimaksud adalah humor intelektual. Cobalah bermain tebak-tebakan lucu dan buatlah ilmu pengetahuan menjadi selucu mungkin, sampai pantas ditertawakan.

Itu akan membantu kita tetap rileks semntara terus menanamkan ingatan tentang pengetahuan itu sendiri di memori kita.