3 Pantangan Saat Jadi Pendengar Curhat

pantangan bagi pendengar curhat
pantangan bagi pendengar curhat
(Image credit to http://www.miftahafina.com/2014/06/jadi-temen-curhat/)

Curhat adalah hal wajar yang akan dilakukan oleh manusia disaat ia mengalami hal-hal yang tidak sanggup ditahan sendiri atau disaat ia membutuhkan solusi. Baik curahan hati tentang hal-hal yang sedih dan menyayat hati maupun hal-hal membahagiakan sekalipun. Sudah kodratnya sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk mendengarkan keluh kesahnya atau sekedar teman untuk menampung unek-unek yang menumpuk di dalam hati.

Ketika temanmu memilih kamu sebagai teman untuk berbagi, itu berarti kamu adalah orang yang yang sudah mendapatkan kepercayaan darinya. Jadi kamu harus menjadi pendengar yang baik.

Tapi tiga hal berikut ini sebaiknya TIDAK KAMU LAKUKAN saat temanmu sedang curhat ke kamu.

Bilang “Aku ngerti banget yang kamu rasain.”

Ini adalah kata-kata yang paling sering kita denger waktu kita sedang curhat. Niat teman kita mungkin ingin berempati, tapi kadang-kadang kata-kata ini buat kesal jika dikatakan terlalu sering. Jadi yang niatnya mau mencurahkan isi hati, malah jadi tersedat-sedat karena kata-kata “Aku ngerti banget yang kamu rasain.”. Sebaiknya, biarkan dulu teman kamu bercerita sampai dadanya plong baru deh kamu bisa mengungkapkan simpati dan empati kamu dengan cara yangtidak berlebihan.

Yang Jadi Curhat Malah Kamu

Nah, ketika teman kamu sedang mencurahkan isi hatinya kamu tiba-tiba teringat diri kamu sendiri yang mengalami hal yang tidak jauh beda.  Jadilah yang curhat malah kamu sendri, alih-alih teman kamu yang sedang membutuhkan. Itu menyebalkan sekali! Jadi, tahan diri kamu. Dengarkan dulu temanmu bercerita.

Jadi Ember Bocor

Walaupun teman kamu tidak bilang “jangan cerita ke oran lain ya!”, kamu sebaiknya menjaga privasi teman kamu dengan tidak memberitahu orang-orang perihal yang tengah dialami oleh teman kamu itu. Kamu pasti tidak ingin kepercayaan temanmu jadi berkurang bahkan habis ke kamu kan? So, keep it secret .

Nah gimana? Ada lagi hal-hal menyebalkan yang biasa dilakukan tean kamu saat kamu sedang curhat? Kalau ada, kamu bisa komen disini.

Setelah membaca artikel ini walaupun saat teman kita curhat kita tidak bisa memberikan solusi dari masalahnya, setidaknya kita bisa jadi pendengar yang baik ya!

Salam Nona Manis 😀