5 Macam Sakit Kepala dan Penanganannya

sakit kepala e1496911535540

Suka sakit kepala? Siapa sih di dunia ini yang tidak pernah merasakan sakit kepala. Kepala terasa berdenyut-denyut sampai mengganggu aktifitas seharian. Tak ada salahnya untuk mengenali jenis-jenis sakit kepala beserta cara penanggulangannya. Berikut ulasannya!

Sakit Kepala Stress

tension headache

Ini adalah sakit kepala yang paling sering dialami oleh orang-orang. Seseorang pasti pernah mengalami, minimal sekali dalam seumur hidup.

Gejalanya, biasanya kita merasakan sakit dibagian kening. Seperti ada sesuatu yang menjerat kepala kita dengan sangat kuat. Penyebabnya biasanya dikarenakan stress yang parah, kelelahan, atau meletakkan kepala dalam posisi yang salah selamakurun waktu yang cukup lama.  Rasa sakitnya bias terus meningkat dari pagi hingga siang hari.

Penanganannya, anda bisa mengkomsumsi pil anti nyeri untuk menghilangkan rasa sakitnya. Tetapi jangan mengkomsumsi obat sakit kepala ini terlalu sering. Jika sakit kepala seperti initerjadi secara terus menerus, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Selain itu, cobalah untuk sering-sering bergerak. Lakukan peregangan di area bahu, leher, dan kepala. Rajin-rajinlah beraktifitas diluar ruangan.

Sakit Kepala Karena Sinus

sakit kepala sinus

Sakit kepala ini terjadi karena adanya penyakit sinus. Biasanya terjadi dibarengi dengan demam, bengkak dibagian wajah, dan tekanan dibagian dahi dan tulang pipi.

Gejalanya, anda akan merasakan tekanan dan rasa sakit di bagian kening,  alis, dan bagian bawah mata. Rasa sakit biasanya akan bertambah jika anda menggerakkan kepala anda . Anda juga biasanya akan merasakan hidung tersumbat disertai rasa lelah. Baca Juga: Rahasia Telinga: WASPADA Gejala-gejala Berikut Ini!

Penanganannya terbilang cukup mudah, bisanya sakit kepala jenis ini akan hilang dengan sendirinya. Apabila anda memiliki alergi tertentu, obat antielergi anda mungkin akan berguna. Tetapi hal yang paling tepat anda lakukan adalah mengunjungi dokter dan mintalahpenanganan yang lebih intens.

Migraine

migraine

Sakit kepala sebelah ini biasanya memiliki empat jenis, yaitu:

Prodrome: (1-2) hari

  • Cepat marah
  • Kelelahan
  • Kenaikan atau penurunannafsu makan

Aura: (sampai 30 menit)

  • Kesensitifan terhadap cahaya
  • Perasaan geli
  • Mati rasa
  • Malas bicara

Resulution: (sampai 24 jam)

  • Kelelahan
  • Masalah konsentrasi

Sakit kepala: (74 jam)

  • Denyutan yang parah

Penyebab migraine biasanya adalah teraganggunya proses metabolism dan pelebaran pembuluh darah di kepala. Migrain juga biasanya diturunkan secara genetic kepada seseorang.

Penanganannya, saat ini belum ada obat untuk migrain,meski sudah banyak pillpereda nyeri untuk migrain dan sejumlah perawatan yang tersedia untuk membantu meringankan gejala. Anda perlu ke dokter Anda untuk memilih obat yang tepat. Selain itu, olahraga teratur akan membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan.

Sakit Kepala Klaster

cluster headache

Sakit kepala ini sangat jarang terjadi, menjangkit kurang dari 1% populasi di dunia ini, 5 kali terjadi lebih banyakpada perempuan dibandingkan laki-laki.

Gejala, biasanya sakit kepala seperti ini akan terasa seperti ada sebuah tusukan dibelakang sebelah mata anda, biasanya hanya dibagian sebelah kepala sebelah kepala Akan semakin meningkat ketika kita tertitidur. Gejalanya bias termasuk mata merah,sensitifitas terhadap cahaya, dan lakrimasi. Sakitnya biasanya terjadi 15 menit – 1 jam.

Penyebab, para ilmuan belum tahu pasti apa penyebab sakit kepla ini. Mereka sering menyangkut pautkan kepada peringatan gangguan biologis pada tubuh.

Penanganan, Penangan sakit kepala ini bias jadi sangat rumit karena rasa sakit muncul dan pergi secara spontan. Sangat disarankan untuk pergi ke dokter dan mendapatkanperawatan jika frekuensi sakitnya terjadi secara terus menerus.

Sakit Kepala Karena Mabuk

hangover headache

Penyebabnya karena meminum minuman beralkohol. Ada perdebatan mengenai ini. Ada yang beranggapan bahwa alkohol menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mempengaruhi kadar serotonin dalam tubuh. Selain itu, alkohol mempromosikan kehilangan air dan dehidrasi – pemicu migrain utama.

Penanganan: penanganan terbaik adalah meminum pil pereda nyeri, minum banyak air, dan tidur yang cukup. Anda harus meanggapi sakit kepala seperti ini dengan serius. Jika Anda mengalami sakit kepala setelah mengkonsumsi meski hanya sedikit alcohol, mungkin saja hal ini menunjukkan bahwa sedang mengalami semacam migraine ringan.

Sumber

Mayoclinic, Headache