8 Tanda Seseorang Adalah Teman Sejati Untuk Kita

3 e1496907575824

Apa arti ‘teman’ bagi kalian? Orang yang selalu ada di saat kita membutuhkannya? Tempat berbagi? Atau yang lain? ‘Teman’, tentu saja, bisa berarti macam-macam. Aristotle pernah mengatakan, “teman adalah satu jiwa di dalam dua tubuh”. Cobalah pikirkan apa arti ‘teman’ bagi kalian.

Beberapa waktu yang lalu orang-orang mengartikan teman sebagai hubungan antara dua orang yang rela mengorbankan hidupnya untuk yang satu dan sebaliknya. Hari ini, teman berubah arti menjadi ‘teman kuliah’, tetangga, orang yang bisa dimanfaatkan ketika butuh. Hari ini, kita bisa saja merasa memiliki banyak teman tapi tetap merasa kesepian dan sendiri. Adakah yang disebut teman sejati?

Mungkin kita tidak akan pernah tahu. Atau, bisa jadi kita juga tidak pernah memikirkan orang lain sampai diri kita pantas disebut sebagai teman sejati. Untuk menjawabnya, mungkin kita bisa melihat dan membaca tanda-tada. Seperti 8 tanda seseorang adalah teman sejati berikut ini.

Teman Sejati Itu, Mendengar

Ketika kita bicara tentang sesuatu, apapun topiknya, teman sejati akan selalu mendengar. Karena itu, kita merasa nyaman untuk menceritakan apa saja kepadanya tanpa merasa malu ataupun takut. Dan ketika mereka memberikan pendapat mereka tentang apapun yang kita bicarakan, kita tidak akan merasa dihakimi atau semacamnya. Malah kita akan merasa disegarkan oleh pendapat-pendapat baru.

Kritik Mereka Membangun. Bukan Menjatuhkan

Teman sejati bisa saja mengutarakan sebuah kritik terhadap ucapan atau tindakan kita. Tapi itu bukan sama sekali bertujuan untuk merendahkan bahkan menjatuhkan. Keritik itu ditujukan untuk membangun kita menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika memberikan kritik pun, mereka tidak akan menyampaikannya dengan cara yang kasar dan membuat kita merasa malu. Mereka akan menyampaikannya dengan cara yang baik sehingga kita bahkan bisa jadi tidak merasa dikritik sama sekali.

Teman Sejati Berusaha Mengerti

Ketika kita berbicara satu sama lain, teman sejati tidak akan berusaha untuk menyela kita, mengatakan bahwa yang kita bicarakan tidak penting, atau berusaha mendominasi percakapan. Tidak. Yang mereka lakukan adalah berusaha mengerti kita secara keseluruhan. Mereka akan mendengarkan dengan baik untuk mengerti perasaan kita, pendapat kita, mimpi kita, atau masalah kita. Teman sejati akan selalu berusaha menyeimbangkan saat berbicaranya dan saat mendengarnya.

Teman Sejati Itu, Bisa Dipercaya

Ketika mempercayakan sesuatu kepada teman sejati, sedikitpun tidak akan ada rasa khawatir yang muncul. Teman sejati adalah orang yang bisa kita percaya sepenuhnya, tentang rahasia kita, dan segala keburukan kita. Dan kita akan merasa nyaman mempercayakan apa saja kepada teman sejati kita.

Teman Sejati Menghargai Batasan

Daripada bersikap manja, merepotkan, atau mendominasi, Teman sejati akan menghargai batasan pribadi yang kita miliki. Mereka tidak akan berusaha mengorek-ngorek sesuatu jika kita tidak ingin itu diketahui dan mereka akan memberikan waktu untuk kita sendiri jika kita butuh waktu sendiri.

Mereka Menerima Permohonan Maaf

Semua orang tentu saja tidak sempurna dan bisa berbuat kesalahan. Teman sejati adalah dia yang mau memaafkan kita, bahkan untuk kesalahan yang menurut kita sangat besar. Kadang, kita hanya butuh bicara ketika orang itu adalah teman sejati kita. Mereka tentu akan memaafkan kita. Begitu juga kita.

Teman Sejati Melihat Hal-hal Baik Dalam Diri Kita

Ketika kita tidak merasa baik, atau lebih tepatnya merasa menjadi orang paling buruk di muka bumi ini. Teman sejati akan ada dan mampu menerangkan bahwa masih ada sisi-sisi baik dalam diri kita. Bahkan yang tidak kita sadari sama sekali. Mereka akan memberikan semangat pada kita dengan cara itu.

Teman Sejati Akan Selalu Ada Dalam Suka dan Duka

Dalam hidup tentu kita akan melewati suka dan duka, dan teman sejati akan berada di keduanya. Mereka akan berbagi suka dengan kita, begitu juga duka mereka. Bukan karena berlimpah atau butuh bantuan. Tapi, mereka membagi suka mereka karena kita adalah bagian berharga dari hidup mereka, dan mereka membagikan duka mereka karena merasa sebagai bagian berharga dari hidup kita. Tentu saja hubungan ini berjalan ketika kita dan teman sejati kita saling menghargai satu sama lain.

Jadi, adakah teman sejati yang dapat kita miliki? Yang dapat kalian miliki?