Cara Cerdas Bertahan di Alam Bebas, Dijamin Selamat!

cara mencari makanan di hutan

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat bertahan hidup dalam kondisi darurat. Tetapi tidak semua hal itu benar adanya. Beberapa diantaranya hanya mitos belaka yang tidak terbukti kebenarannya. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Pertolongan Pertama Saat di Gigit Ular: Jangan Dihisap!

pertolongan pertama saat digigit ular

Saat digigit ular, pertolongan pertama terbaik yang harus dilakukan adalah mencegah bisa ular menyebar dengan cepat keseluruh aliran darah dengan cara tetap tenang, jagalah bekas gigitan agar selalu berada pada posisi di bawah jantung, minumlah air yang banyak, dan bawalah korban ke rumah sakit terdekat secepat mungkin.

Bisa ular menyebar dengan sangat cepat, dan bisa tersebut tidak berkumpul di area bekas luka. Jadi ketika ada yang mengatakan bahwa menghisap bisa saat terkena gigitan ular adalah hal yang keliru. Malahan jika mencoba untuk menghisapnya, bisa ular dapat saja membahayakan diri anda.

Ketika Tersesat di Hutan: Temukan Sumber Air!

tersesat di hutan: temukan sumber air!

Ketika anda tersesat di hutan pastikan hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari sumber air terdekat. Hal tersebut dikarenakan manusia yang sehat bisa bertahan tanpa makanan sampai enam hari tetapi tanpa air hanya dalam beberapa waktu saja nyawa anda bisa melayang. Oleh karena itu singkirkan pikiran mencari sumber makanan terlebih dahulu, carilah sumber air dan bangunlah sebuah tempat berteduh yang baik tak jauh dari sumber air tersebut.

Membuat Tempat Berlindung yang Benar

img 4337

Sebelum membuat tempat berlindung yang pantas, anda harus benar-benar mempertimbangkan kondisi sekitar anda. Anda membutuhkan tempat berlindung yang aman dari angin, hujan, sengatan matahari dan gangguan binatang jahat. Jadi, hanya membangun atap saja tidak cukup. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah pijakan tempat anda duduk atau berbaring. Pastikan anda membuat tempat berlindung yang cukup dapat menghangatkan anda dari dinginnya tanah dan dapat meindungi anda dari serangan binatang melata.

Cara Menemukan Air di Padang Pasir

Cara Menemukan Air di Padang Pasir

Ada mitos yang mengatakan kaktus mengandung air yang dapat anda minum ketika anda tersesat di padang pasir. Tetapi tidak sembarang kaktus yang dapat anda minum airnya. Kaktus jenis opuntia salah satu jenis kaktus yang dapat memberikan anda uap lembab. Hati-hati dengan cairan yang ada di tengah kaktus, jika anda minum bisa membuat anda muntah dan bahkan lebih terserang dehidrasi.

Cara Memilih Makanan di Hutan

tumblr m85if3ye971rs81xfo1 500

Tidak semua makanan yang baik untuk binatang juga baik untuk manusia. Buah-buahan dan jamur di hutan biasanya adalah makanan dalam kondisi darurat yang paling mudah untuk diari. Tetapi anda harus berhati-hati karena banyak buah-buahan dan jamur yang ternyata mengandung racun. Satu-satunya cara aman untuk mengidentisifikasi apakah makanan tersebut aman dikomsumsi atau tidak adalah dengan cara memiliki pengetahuan yang baik mengenai jenis-jenis makanan tersebut.

Menentukan Arah Dengan Lumut: MITOS!

menentukan arah dengan lumut: Mitos!

Lumut bisa tumbuh di bagian pohon mana saja. Jadi jika ada yang mengatakan arah utara ditunjukan oleh arah lumut hidup adalah salah.

Cara Menanggulangi Hipotermia

hipotermia

Jangan mengosok-gosokan seseorang yang terkena hipotermia secara kasar atau merendam mereka langsung di air panas karena dapat menyebabkan mereka terkena body shock. Bungkuslah mereka dengan selimut secara bertahap dan letakkan botol berisi air hangat di bawah ketiak mereka.