Cemburu? Ini Dia Obat Mujarabnya

cara mengobati cemburu

Sebenarnya arti kata cemburu dalam KKBI adalah sebagai berikut:

# Merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya; sirik
# Kurang percaya; curiga (karena iri hati)

Tapi dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menanggulangi rasa cemburu yang ditimbulkan ketika kamu melihat atau menemukan orang yang kamu cintai melakukan suatu hal dengan perempuan atau laki-laki lain (kalau kamu laki-laki). Untuk lebih jelasnya memahami makna kata cemburu yang akan kita bahas disini, ada baiknya kita mengetahui definisi cemburu menurut beberapa ahli di bawah ini (cie definisi..).

Knox (dalam Caroll, 2005) mendefinisikan kecemburuan (jealousy) sebagai suatu reaksi emosional terhadap suatu hubungan yang dirasakan terancam hilang. Salovey (1991) kemudian menambahkan bahwa kecemburuan merupakan suatu pengalaman emosi ketika seseorang merasa terancam hilangnya suatu hubungan yang penting atau bermakna dengan orang lain (pasangannya) terhadap ”rival” atau saingannya.

Sementara itu psikolog Gordon Clanton (dalam Buss, 2000) mendefinisikan kecemburuan sebagai suatu perasaan yang tidak menyenangkan, yang mengekspresikan ketakutan akan kehilangan pasangan atau ketidaknyamanan atas suatu pengalaman nyata ataupun pengalaman imaginasi terhadap pasangannya yang membentuk hubungan dengan pihak atau orang ketiga. Martin Daly dan Margo Wilson (dalam Buss 2000) mendefinisikan kecemburuan sebagai suatu keadaan (state) yang terbangkitkan oleh suatu ancaman yang dirasakan terhadap suatu hubungan, yang kemudian memotivasi munculnya perilaku yang bertujuan untuk membalas kecemburuan tersebut.

Nah, setelah membaca definisi ceburu dari beberapa ahli diatas, tentunya kita kini telah menyepakati cara menanggulangi cemburu seperti apa yang dimaksud. Jadi, berikut ada beberapa hal yang yang bisa kamu lakukan ketika kamu cemburu.

MEMUJI DIRI SENDIRI!

Jangan sekali-kali merendahkan diri sendiri ketika kamu merasa cemburu. Maksudnya, mungkin kamu melihat wanita atau pria itu punya point lebih dari kamu. Misalnya dia lebih cantik, tampan, pintar, kaya, dan bla-bla.. itu adalah hal yang pertama kali harus kamu buang dari kepala kamu. Yang kamu harus lakukan adalah, kamu harus menyadari kalau kamu juga memiliki point-point itu bahkan lebih. Kamu cantik, tampan, berpotensi, pintar, dan lain-lain yang pokoknya tak kalah dari dia yang buat kamu cemburu.

MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI – Lakukan hal-hal yang kamu suka!

Dari pada kamu menghabiskan waktu untuk merasa sakit hati membayangkan hal-hal yang buruk terjadi pada hubungan kamu karena perasaan cemburumu, kamu sebaiknya menggunakan waktu berhargamu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengembangkan potensi diri kamu. Dan lakukan semua itu bukan karena kamu ingin menunjukannya pada orang lain, tetapi lakukan itu untuk diri kamu sendiri. Supaya kamu bisa bahagia, dengan atau tanpa dia.

KUMPUL SAMA TEMAN-TEMAN TERBAIKMU

Ada yang bilang teman (terbaik) itu ibarat matahari, meski tak hadir sepanjang hari tapi dia akan selalu kembali hadir untukmu seperti matahri terbit di pagi hari. Dan ini terjamin ampuh untuk meredam rasa panas dihatimu. Ketulusan mereka ketika bersamamu akan membuatmu merasa dua ribu kalilipat berharga dari siapapun.

MAKAN ES KRIM COKELAT!

Ya tidak harus es krim sih. Kalau tidak suka makan-makanan manis kamu bisa menggantinya dengan mie setan level 15 atau semanagkuk bakso ekstra sambal supaya energi panas di hati kamu keluar. Kalau kamu bertanya kenapa judulnya eskrim cokelat, itu karena cokelat mengandung zat yang juga bisa memberikan rasa tenang secara alami. Sekarang terserah kamu mau pilih yang mana, sesuai selera!

Selamat mencoba ya.. semoga lautan api di dadamu segera padam! ^_^