Cara Merawat Lantai Kayu Agar Bebas Rayap

cara merawat lantai kayu agar bebas dari rayap

Merawat Lantai Kayu – Belakangan ini, trend hunian modern mulai bergeser ke arah penggunaan kayu sebagai material utama rumah.

Mulai dari konstruksi utama, konstruksi atap, dinding, hingga lantai terbuat dari kayu.

Manfaat lantai yang menggunakan bahan kayu sangat banyak di luar aspek estetika. Seperti rasa nyaman dan penyesuaian terhadap suhu yang lebih cepat.

Namun, tak ada barang di dunia yang sempurna. Kayu juga ada kekurangannya, yang apabila anda tidak memperhatikannya maka dijamin rumah kayu anda tidak akan bertahan lama.

Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara merawat lantai yang terbuat dari kayu.

Kenapa kami menekankan pada lantai saja? karena lantai kayu adalah yang paling banyak bersentuhan dengan manusia, begesek dengan barang, dan terkena beragam cairan yang bisa merusak lapisan perlindungan kayu.

Wajib Baca: Cara Menangani Gas Bocor

Gunakan anti rayap pada lantai kayu

Ini adalah hal paling krusial yang kami sarankan untuk anda lakukan. Tidak ada kata terlambat untuk tindakan preventif ini.

Sebab Lantai kayu selalu menjadi tempat favorit rayap untuk berkembang biak. Posisinya yang lebih dekat dengan tanah membuat suhunya cenderung lebih lembab dan membuat rayap semakin betah di sana.

Banyak anti rayap yang beredar di pasaran dengan berbagai jenis dan merek. Namun yang paling ampuh sejauh ini adalah dengan cara suntik anti rayap.

Namun, melakukan suntik anti rayap ada ilmunya. Kami sarankan untuk menyerahkan pekerjaan ini kepada Jasa Anti Rayap yang telah berpengalaman untuk menghindari risiko kesehatan dan kerusakan.

Hindari panas langsung dari paparan matahari

Gelombang panas yang dihasilkan oleh matahari akan menyebabkan lantai kayu anda pudar warnanya.

Mungkin kalau sekedar pudar tidak masalah, tapi ada masalah yang lebih krusial yaitu mengelupasnya lapisan coating kayu.

Gunakanlah tirai dengan warna agak gelap agar menyerap sinar matahari dan tidak menerpa lantai secara langsung.

Usahakanlah sinar matahari di dalam interior anda dapat menyebar secara merata dan tidak terfokus hanya di satu titik.

Ganti keset secara berkala minimal 2x sehari

Agar kotoran2 tidak banyak menumpuk pada lapisan keset, dan menempel di alas kaki yang akan menimbulkan baret pada permukaan lantai kayu.

Hindari penggunaan wax yang berminyak

Karena akan menimbulkan noda yang susah hilang dalam jangka waktu yang lama.

Lapisilah aksesoris rumah anda

Perabot rumah tangga seperti kaki meja,kursi,dan perabotan lainnya, hendaklah dilapisi dengan karet.

Dengan tujuan apabila saat memindahkan perabotan tidak terjadi baret yang dapat merusak lapisan pelindung kayu.

Pel dengan Kanebo

Saat mengepel lantai gunakanlah  kanebo atau kain halus, dan jangan terlalu basah. dan apabila ada tumpahan ke lantai sesegera mungkin di lap.

Revinish

Untuk jenis lantai kayu solid bisa di revinish sampai beberapa kali, biasanya revinish ulang dilakukan 6 sampai 10tahun sekali , tergantung pemakaian.

Minimalisir kebocoran rumah

Minimalisir semua faktor yang menjadi penyebab kebocoran rumah, karena musuh besar lantai kayu adalah air.

Itulah beberapa tips dalam merawat lantai kayu, agar lantai kayu anda senantiasa awet dan kinclong serta bebas dari tumpangan rayap.