JANGAN-JANGAN CARA PENANGANAN JERAWATMU SELAMA INI SALAH!

solusi jerawat

Memiliki jerawat memang menjadi hal yang sangat mengganggu baik laki-laki maupun perempuan. Karena jerawat tidak hanya merusak penampilan, tetapi juga memberikan rasa nyeri, sakit, perih, dan gatal pada penderitanya. Berbagai cara dilakukan agar kulit terbebas dari jerawat, tetapi tahukan anda jika setiap jerawat memiliki jenis yang berbeda dan cara penangannya? Berikut ulasannya..

Secara Umum

Secara umum Jerawat disebabkan oleh pori-pori pada kulit wajah kita yang tersumbat  entah karena kotoran atau minyak yang berlebih di wajah. Pori-pori yang tersumbat inilah yang dapat memicu tumbuhnya  jerawat. Biasanya jerawat yang tumbuh berupa benjolan berwarna merah yang mengandung nanah. Selain itu enyebab timbulnya jerawat secara umum adalah perubahan hormon yang dialami penderitanya baik saat menstruasi, kehamilan,ataupun saat stress.

Berikut jenis-jenis jerawat dan penyebabbnya seruaja.com uraikan secara rinci.

Jerawat Juvenil

acne

Biasanya yang mengalami jerawat ini adalah para remaja berusia 14-20 tahun yang sedang mengalami masapubertas. Penyebabnya adalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.

Jangan melakukan perawatan yang berlebihan pada jerawat ini, karena jerawat juvenile merupakan perkembangan dari hormon jadi baiknya diatasi dengan cara yang alami, yaitu dengan menggunakan sabun wajah dengan PH seimbang atau sabun bayi transculent.

Jerawat Biasa

jerawat batu

Jerawat ini bentuknya kecil dan berwana putih kemerahan. Timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi baktmeri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous.Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah disekitarnya.

Cara penangannya, anda bisa menggunakan pasta gigi karena pasta gigi mengandung fluroide yang berkhasiat untuk mengurangi bengkak dan kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. selain itu masker lemon dan tomat juga dapat membantu menghilangkan jerawat yang biasa membandel pada wajah anda.

Jerawat batu

jerawat batu 1

Jerawat batu atau Cystic Acne memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu dapat meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat ini disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Berhati-hatilah jika anda mengalaminya, karena jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

Cara penanganannya, anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat tertentu untuk dan  langkah selanjutnya.

Komedo

Komedo

Hampir setiap orang memiliki komedodi wajahnya dan biasanya komedo sangat mengganggu penampilan anda. Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit matti dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Cara penangannya, anda bisamembuat masker putih telur dengan cara meletakkan putih telus di lemari pendingin kemudiankocok hingga memutih, lalu oleskan padah daerah yang berkomedo, tempelkan tissue, biarkan mongering lalu angkat perlahan. Atau bisa juga dengan mencelupkan kapas pada putih telur lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat komedo. Tunggu sampai putih telur tersebut mengering, lalu angkat kapas tersebut. Anda akan melihat banyak komedo tercabut pada kapas tersebut.

Jerawat Vulgaris

jerawat vulgaris

Jerawat ini termasuk ke dalam kelainan kulit berupa erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini bisa disebabkan oleh kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya. Hati-hati membedakannya dengan jerawat Juvenus karena jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa.

Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati.

Jerawat Nitrosica

jerawat nitrosica

Jika anda berusia 30-50 tahun, anda harus mulai mewaspadai timbulnya jerawat ini. Awalnya timbul kemerahan yang kemudian dapat  meradang dan dapat menimbulkan sisik pada lipatan hidunga anda

Cara penangannya, anda harus langsung menemui dokter kulit karena Jerawat ini membutuhkan perawatan ahli. Anda biasanya akan mendapatkan treatment penguapan , kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.

Sumber

Wajahjerawat(dot)com