Gas Bocor!! 7 Hal ini Tidak Pernah Dilakukan oleh Korban Kebakaran LPG

gas bocor tips menghindari kebakaran gas

Gas Bocor bisa merenggut nyawa anda, istri anda, anak anda, dan keluarga anda dalam hitungan detik jika mengambil langkah yang tidak tepat.

Di indonesia, LPG yang kita gunakan adalah jenis gas alam bertekanan tinggi yang sudah dicairkan. Mengingat sifat gas alam yang mengandung nilai kalori sangat tinggi untuk memicu pembakaran, maka setiap percikan kecil dari benda jenis logam atau gesekan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi bisa berubah jadi bahaya besar.

Panik berlebihan pun tak bagus saat anda mencium bau gas di rumah. Selama tidak ada percikan, api, dan panas berlebih, maka masih aman untuk menetralkan situasi. Cukup lakukan 7 hal sederhana ini:

Jangan Pernah Menyalakan Lampu

Hal ini adalah hal paling sederhana tetapi sangat fatal. Lazimnya kita menaruh gas di dapur yang gelap, sehingga saat mencium bau gas bocor tentu hal pertama yang akan dilakukan setiap orang yaitu menyalakan lampu untuk memeriksa keadaan sekitar.

Baca Juga: Cara Survival di Hutan Belantara

Tahukah anda, bahwa kebanyakan kasus kebakaran akibat kebocoran gas disebabkan oleh tindakan seperti ini. Pada mounting (kepala bohlam) dan saklar terdapat celah kecil antar logam. Begitu saklar ditekan, listrik belum dihantarkan secara sempurna sehingga terjadi percikan kecil pada celah-celah tersebut. Ketika gas sudah memenuhi ruangan bahkan sampai langit-langit rumah, maka BOOOOOM!!!

Buka Semua Pintu dan Jendela

Saat gas bocor memenuhi ruangan, segera buka semua pintu, jendela, gorden, ventilasi dan apapun yang bisa membantu mengurangi konsentrasi gas di dalam rumah.

Bawa Keluar Tabung Gas Bocor

Jika anda telah mencurigai adanya kebocoran gas, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak membawa keluar tabung gas tersebut ke tempat terbuka. Tentunya hindari juga paparan matahari atau api pembakaran sampah saat anda menaruhnya di luar ruangan.

Jangan Buka Freezer atau Kulkas

Kulkas dan freezer terutama yang memiliki fitur lampu saat dibuka, dapat juga menimbulkan percikan kecil yang bisa memicu kebakaran.

Jangan Membuka atau Menyalakan Microwave

Microwave menciptakan gelombang panas setara dengan suhu api. Jika ruangan sudah dipenuhi dengan gas bocor lalu anda membuka atau menyalakan microwave, sama artinya dengan menyalakan api di ruangan tersebut.

Matikan Handphone, Wifi, dan Perangkat Elektronik Lainnya

Setiap perangkat elektronik yang mentransmisikan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi seperti HP, HT, Wifi, Radio, kamera, drone dan perangkat komunikasi tanpa kabel lain bisa memicu pembakaran pada gas.

Basahi Kunci Dengan Air Liur

Jika anda mencium aroma gas ketika baru pulang dari kantor, jangan segera membuka pintu rumah. Ingat kembali! percikan sekecil apapun yang dihasilkan dari logam yang bergesek bisa memicu pembakaran pada gas bocor yang telah menguasai ruangan. Basahi kunci terlebih dahulu dengan air liur untuk memberi lubrikasi pada permukaan kunci agar tidak terjadi percikan kecil.

Small things matters!!