Hanya Para Santri Yang Miliki Pengalaman-Pengalaman Manis Ini

Ratusan Santri dan Santriwati dari berbagai pesantren yang ada di Tangerang mengikuti Kirab memperingati Hari Santri Nasional di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (22/10). Pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional dan untuk tahun ini dan juga yang pertama mengambil tema "Dari Santri Untuk Indonesia". ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz/15

“Pengalaman menjadi siswa umum pasti pernah dirasakan santri. Tetapi pengalaman menjadi santri belum tentu bisa dirasakan siswa umum.”

Pepatah entah berantah itu mungkin ada benarnya juga. Pengalaman-pengalaman yang dimiliki santri tentu saja tidak akan sama dengan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh siswa-siswa di sekolah umum. Kamu santri dan pastinya banyak kenangan yang hanya bisa kamu nostalgiakan hanya bersama para santri yang lain. Apa saja kenangan itu? Berikut ulasannya.

Ngantri Mandi Lama Bahkan Sampai Gak Mandi

ngantri

Karena di pondok pesantren memiliki kamar mandi secara pribadi adalah hal yang agak impossible, pastinya para santri setiap hari harus mengantri mandi dengan kamar teman-temannya yang lain. Saling gedor dan harus menahan pup atau pipis karena mengantri sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi yang namanya gak mandi karena harus buru-buru mengikuti kegiatan santri yang banyak banget. Kemungkinan besar, semua santri pasti pernah gak kebagian waktu mandi. Hayoo ngaku!

Ngencengin Akhi/Ukhti Diam-diam

ngeceng

 

Sudah merupakan hal yang wajib kalau asrama laki-laki dan asrama perempuan di pondok pesantren pasti dipisah. Bahkan kebanyakan sekolahnya pun dipisah sehingga sangat jarang berinteraksi dengan lawan jenis. Alhasil, ketika si santri punya kenalan pastinya dikecengin diam-diam. Cie cie…

Kehilangan Sendal

sendal hilang

Hilang sandal di pondok itu kaya’nya hukumnya wajib deh! Karena jumlah santri yang banyak, dan terkadang karena cepet-cepet jadinya si santri tidak memakai sendalnya sendiri. Duh Kalau sudah kaya’ gini hars beli sandal baru lagi donk.

Pinjem-pinjeman Baju

tukeran baju

Karena menjadi santri itu sudah seperti saudara satu sama lain. Tidur samaan, makan samaan, apa-apa samaan, jadinya pinjem-pinjeman baju atau jilbab sudah menjadi hal yang biasa. Asal dicuci yang bersih punya temennya ya ukhti akhi!

Tidur Sehabis Shalat Subuh

santri tidur

Nah.. ini sering banget. Di mushala atau di kamar, habis shalat subuh terus dilanjutin tidur-tiduran sambil nungguin antrian mandi pagi atau karena terlena sendiri abis ngaji.

Adain Acara Kreatif Bareng Teman-teman

teman teman

Di pondok pesantren itu biasanya ada banyak sekali acara-acara seperti pentas seni atau sekedar acara lomba menyambut puasa, dan biasanya semuanya dihandle langsung oleh para santri. Kamu pasti punya banyak kenangan indah saat menyiapkan acara-acara seperti ini atau kenangan saat menonton teman-temanmu yang lucu dan seru.

Dan.. tentunya ada banyak lagi kenangan yang hanya kamu para santri yang dapat menceritakannya. Kenangan yang seringkali buat kamu senyum-senyum sendiri atau sedih karena tidak bisa lagi merasakan pengalaman-pengalaman itu. Apapun itu, berbanggalah menjadi santri dan berkreasilah!