Hubungan itu Ilmiah! Ini dia 4 Perilaku yang Menjadi Penyebab Perpisahan

masalah dalam hubungan Copy e1496909075330

Sebuah hubungan itu adalah sesuatu yang Ilmiah! Iya, setuju atau tidak setuju, hal tersebut telah terbukti karena beberapa peneliti telah melakukan kajian yang bersifat ilmiah di ranah hubungan cinta antara dua manusia.

Seorang Psikolog asal Amerika, John Gottman , telah melakukan penelitian selama 40 tahun dan menemukan empat perilaku yang dapat menjadi  penyebab perpisahan antara dua pasangan yang memutuskan untuk menjalin komitmen.

Berikutulasannya!

Menghina/Merendahkan

menghina pasangan Menghina/Merendahkan

Salah seorang pasangan menjadikan pasangannya sebagai bahan olok-olok entah di ranah publik atau privasi. Dengan kata lain merendahkan pasangannya sendiri. Selain itu, pasangan ini tidak menghargai pendapat pasangannya yang lain, singkatnya tidak memberikan apresiasi kepada pasangannya dan merasa dirinyalah yang paling penting.

Pengkritik/Selalu Menyalahkan

selalu menyalahkan pasangan Pengkritik/Selalu Menyalahkan

Salah seorang pasangan merasa tersakiti karena setiap kesalahan yang diperbuat olehnya, meskipun kecil dan berada di masa lalu, selalu diungking-ungkit lagi dan dibesar-besarkan. Hal ini tentu saja membuat kita menjadi tidak nyaman, siapa yang ingin terus berhubungan dengan seseorang yang terus-terusan menyalahkanmu!

Kebiasaan Bertahan/Defensif

tidak ingin disalahkan Kebiasaan Bertahan/Defensif

Salah seorang  melakukan sebuah kesalahan dan untuk menghindari kritikan ia akan melakukan pertahanan yang berlebihan dan cenderung agresif. Seperti ia akanberkata dengan lantang ‘Ini bukan salah saya!’ atau ‘saya memang tidak seharusnya melakukan itu!”. Hal ini akanmembuat pasangan anda merasa kesal. Cobalah meminta mengakui kesalahan dan meminta maaf di waktu yang tepat. Sehingga anda tidak perlu menghabiskan waktu dengan berargumen.

Menghindari Masalah

menghindari masalah

Sebuah masalah sebenarnya tengah terjadi di antara hubungan anda, misalnya pasangan anda melakukan kesalahan. Ada yang meresponnya langsung dengan menunjukan kekesalannya, ada juga yang memilih memendamnya danmalah mendiamkan pasangannya selama beberapa waktu tanpa membicarakannya. Sebaiknya, bicarakan langsung hal-hal yang mengganggu anda dengan pasangan andadan cobalah mencari jalan keluarnya bersama-sama.