Kata-Kata Yang Haram Diucapkan Ketika di Tempat Kerja

kerja cerdas1 e1497574730821

Etika memegang peranan penting di tempat anda bekerja, terlebih ketika anda bekerja di dalam sebuah tim. Membawa diri sebagai seorang yang profesional merupakan sebuah keharusan, ketika anda menginginkan karier yang bagus di tempat anda bekerja.

Hal-hal yang harus anda perhatikan adalah. Ada perkataan-perkataan yang seharusnya tidak anda katakan di tempat kerja, karena bisa mengurangi kesan profesional anda. Apa saja kata-kata tersebut? Berikut ulasannya…

“Ini bukan kerjaan saya!”

Ini bukan kerjaan saya!

Akan ada waktu dimana teman-temanmu membutuhkan bantuanmu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Ketika anda mengatakan “Ini bukan kerjaan saya!” maka orang-orang di tempat anda bekerja akan merasa bahwa anda terlalu mementingkan diri sendiri dan tidak bisa bekerja di dalam kelompok. Ada baiknya untuk membantu beberapa hal selama hal tersebut tidak memberatkanmu dan tidak membuatmu mengerjakan apa yang seharusnya temanmu kerjakan.

“Tapi kita sudah mencoba ini!”

Tapi kita sudah mencoba ini!

Ini mengindikasikan bahwa anda pesimis karena ketakutakan akan pengalaman gagal sebelumnya. Tak apa anda mengatakan hal ini asalkan anda memiliki ide baru yang sekiranya bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Tak ada lagi yang bisa kulakukan!”

Tak ada lagi yang bisa kulakukan!

Ketika merasa ingin menyerah, orang seringkali mengatakan hal ini. Ketika berada di tempat kerja dan berada dalam sebuah tim, anda seharusnya tidak mengatakan ini karena anda tidak bekerja sendiri. Cobalah untuk mengatakan “Aku dalam masalah. Adakah yang bisa memberikanku solusi?”.

“Tunggu sebentar!”

Tunggu sebentar!

Kenyataannya di tempat kerja, kita jarang melakukan seuatu benar-benar sebentar. Jadi kenapa tidak untuk mengatakan “Ingatkan saya lagi sehabis saya menyelesaikan ini!”

“Ini tidak berguna!”

Ini tidak berguna!

Mengambil keputusan terlalu cepat atas ide seseorang baik atau buruk adalah hal yang sangat tidak bijaksana. Kenapa tidak katakan “Saya tidak yakin. Bisakah kau menjelaskan kenapa ini bisa jadi ide yang paling baik?”

“Kamu salah!”

Kamu salah!

Langsung mengatakan ini pada teman kerjamu bisa menyakiti hati mereka. Ada jalan lain untuk menyalahkan sesuatu, seperti “Saya tidak setuju, karena ….”

“Saya sudah mencoba yang saya bisa!”

Saya sudah mencoba yang saya bisa!

Kita akan mengatakan ini sebagai bentuk dari usaha terakhir yang telah kita lakukan dan merasa lelah. Ada baiknya untuk melanjutkan dengan kata-kata “Semoga saya masih bisa melakukannya dengan lebih baik lain waktu!”.

Selamat bekerja! Semoga semuanya berjalan dengan baik.