Keajaiban Tersembunyi Dalam Buah Apel

funny apple fruit carving funny wallpaper e1496911173844

Saya yakin buah apel tidak terkenal karena dipakai penyihir jahat untuk membuat putri salju jatuh tertidur dalam waktu yang lama. Saya juga yakin, buah apel terkenal karena memang penampilannya yang menarik; dengan warna merah merekah yang menggiurkan atau hijau yang segar. Dan kandungan di dalamnya yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa baik bagi tubuh.

Para ahli tlah lama melakukan banyak kajian untuk mencari kandungan bahan kimiatertentu dalam apel yang dapat membuktikan bahwa apel dapat menyebuhkan berbagai penyakit. Quecertin, adalah salah satu senyawa tersebut. Senyawa polifenolik adalah sejenis senyawa anti oksidan yang ditemukan juga dalam anggur merah. Senyawa inilah yang banyak terkandung dalam buah apel dan yang paling banyak dirujuk untuk sifat penyembuhan dan pencegahan. Apa saja penyakit tersebut? Berikut ulasannya.

Mencegah Alzheimer

mencegah penyakit alzeimer dengan apel

Beberapa riset tlah membuktikan bahwa apel dapat membantu melawan penyakit Alzhaimer. Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Kalau anda pernah menonton film A Walk to Remember, anda pasti akan tahu benar seberapa menyedihkannya terkena penyakit ini. Tetapi jangan khawatir, dengan mengkomsumsi buah apel akan melindungi ingatan anda.

Karena, satu cangkir jus apel yang Anda minum ketika cuaca terik dapat memperbaiki sel-sel saraf pada otak yang mengalami kerusakan, ini berkat peranan flavonoid sebagai antioksidan kuat. Jika begini terus, keistimewaan apel yang akan tubuh rasakan adalah terhindar dari penyakit Alzheimer.

Mencegah Kanker

mencegah penyakit kanker dengan apel

Tentu mengerikan sekali mendengar nama penyakit yang satu ini disebut-sebut. Karena semakin banyak saja orang-orang yang terkena penyakit mematikan ini. Ia menyerang tanpa pandang bulu, dari anak-anak sampai orangtua dari kalangan rakyat jelata sampai sosialita.

Tetapi anda tak perlu khawatir, para ilmuwan dari American Association for Cancer Research sepakat memberi pernyataan bahwa konsumsi flavonoid yang tersimpan banyak dalam buah apel dapat membantu menurunkan risiko terhadap penyakit kanker pankreas mencapai 23 persen.

Di dalam kulit apel juga terdapat senyawa bernama triterpenoid yang melengkapi kinerja flavoanoid untuk mencegah pertumbuhan tiap sel kanker, potensi tersebut telah diidentifikasi oleh para peneliti dari Cornell University. Maka dari itu ketika hendak konsumsi apel, jangan buang kulitnya karena bagian tersebut juga memberikan khasiat pada kesehatan.

Karena buah apel juga kaya akan serat (sekitar 4 gram) dalam ukuran sedang, penyakit kanker kolorektal dan kanker payudara dapat dikalahkan cukup rutin makan buah ini tiap harinya.

Menurunkn Kolesterol

menurunkan kolesterol dengan buah apel

Apel sangat kaya akan serat larut yang fungsinya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol jahat dan melebihkan produksi atau penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang sangat diperlukan tubuh. Dengan demikian memberi kesimpulan dengan sendirinya bahwa apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperbanyak jumlah kolesterol yang baik.

Mengendalikan Gula Darah

mengendalikan kadar gula darah menggunakan buah apel

Buah apel akan membantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menyebabkan diabetes. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut dan pektin yang memiliki peranan sebagai pengendali kadar gula darah dalam tubuh dengan mengangkut gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.

Wanita yang setiap hari setidaknya makan satu buah apel dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 hingga 28 persen dibandingkan dengan mereka (para wanita) yang tidak konsumsi apel.

Mengobati Asma

mengobati asma menggunakan buah apel

Untuk mengurangi gejala asma dan mengobati secara perlahan, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol nya membantu tubuh memulihkan asma.

Para peneliti mengatakan bahwa anak-anak yang terbiasa minum jus apel secara teratur tiap harinya menunjukkan terjadinya penurunan risiko terhadap serangan asma dan masalah pernapasan lain. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa apel adalah buah yang ditakuti oleh penyakit asma anak.

Mencegah Batu Empedu

mencegah batu empedu menggunakan buah apel

Batu empedu terbentuk karena dalam empedu menyimpan terlalu banyak kolesterol sehingga mengalami pengerasan, hal ini sangat identik pada orang yang kelebihan berat badan.

Untuk menghambat pembentukan batu empedu, dokter menyarankan mereka yang gemuk untuk melakukan diet tinggi serat agar kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuhnya terkontrol. Dalam mengendalikan kolesterol tubuh, serat pektin juga berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL.

Mengobati Diare dan Sembelit

mengobati diare dan sembelit menggunakan buah apel

Untuk mengontrol gejala diare dan sembelit, dokter merekomendasikan tiap orang untuk menghindari susu dan makanan berlemak dan menggantinya dengan asupan tinggi serat yang terdapat dalam buah apel.

Nah… sudah tahu kan bagaimana buah apel dapat berguna sekali bagi kesehatan! Karena itu, rajin-rajinlah mengkomsumsi buah apel dan rasakan sendiri kasiatnya!

Sumber

Leyner, dkk. Why Do Men Fall Asleep After Sex. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta