Menemukan Inspirasi Bernilai Milyaran Dollar Ketika Traveling.

milyarder dunia menemukan inspirasi ketika traveling keliling dunia lombok journey.jpg

Bagi sebagian orang, travelling mungkin dinilai sebagai sebuah bentuk pemborosan, buang duit, yang berujung pada kemiskinan. Sebuah aktivitas paling tidak produktif, yang hanya bisa menghasilkan sebuah album foto di facebook dan instagram.

Namun ada segelintir orang yang menjadikan aktivitas travellingnya sebagai sebuah kesempatan untuk mencari kesempatan. Sebuah inspirasi untuk kehidupan yang lebih baik.
10 tokoh terkenal dunia di bawah telah membuktikannya. Menemukan inspirasi ketika travelling, kemudian dari inspirasi itu mereka melahirkan sesuatu yang membuat namanya terpahat dalam sejarah peradaban manusia. Siapa saja orang itu?

Howard Schultz

Howard Schultz pendiri perusahaan starbucks

Di usia produktif, 29 tahun. Pria Amerika, Howard Schultz travelling ke negara itali dan menemukan budaya minum kopi penduduk setempat. Terinspirasi dari budaya minum kopi tersebut, ia lalu kembali ke amerika dan membangun sebuah Perusahaan bernilai 78 Milyar Dollar Amerika. Perusahaan itu bernama Starbucks.

Dietrich Mateschitz

Dietrich Mateschitz pendiri perusahaan redbull

Di usia 40 tahun, pria ini masih suka traveling. Saat itu ia sedang traveling di thailand dan mendapati sopir bus senang menenggak sebuah minuman yang dapat membantunya terjaga. Sepulangnya, pria ini lantas membeli sebuah perusahaan kecil bernama Red Bull. Saat ini bernilai 20 Milyar Dollar Amerika.

J.K Rowling

J.K Rowling penulis novel harry potter

Terjebak di sebuah kereta yang seharusnya bergerak dari kota manchester ke london. Namun karena kesalahan teknis kereta tersebut terpaksa delay. Usianya 25 tahun waktu itu, usia dimana emosi sedang memuncak. Namun  pada keadaan delay yang sudah pasti membuat orang mau memecahkan kaca itu, ia bahkan tak merasa kesal sama sekali. Ia menikmati suasananya, mengambil pena dan buku catatan, menulis ide cerita dari 7 Seri novel yang kemudian ia habiskan waktu selama 5 tahun untuk menyelesaikannya. Adalah Novel Harry Potter yang nilainya saat ini telah mencapai 15 Milyar Dollar Amerika.

Steve Jobs

steve jobs pendiri perusahaan apple komputer

Pergi ziarah ke india selama 7 bulan, di usia 23 tahun. Pria ini menyadari bahwa “Travelling adalah salah satu dari dua atau tiga hal terpenting dalam hidupnya”. Pria ini membangun perusahaan komputer & gadget ekslusif Apple dengan Net Worth 10,2 Milyar dollar Amerika.

Mark Zuckerberg

mark zuckerberg pendiri situs social network facebook

Pada tahun 2008 steve jobs menyarankan pria ini untuk pergi ziarah ke india. Jobs mengatakan bahwa “ziarah itu adalah salah satu bagian terpenting saat saya membangun apple di tahun-tahun awal”. Mark zuckerberg mengikuti saran jobs. Sekarang pria ini memiliki website yang hampir setiap orang memiliki akun disana. Perusahaan social network Facebook, Total Net Worth saat ini 56,2 Milyar Dollar Amerika. 

Christopher Columbus

Christopher Columbus penemua benua amerika selatan dan amerika utara

Seorang pelaut tangguh, yang ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan berlayar untuk menemukan ujung dunia. Namun bukannya menemukan ujung dunia, pria ini malah menemukan dunia baru. Amerika Utara dan Selatan.
Tentu kita tidak bisa menghitung nilai kekayaannya saat itu.

Benjamin Franklin

benjamin franklin founding father negara amerika serikat

Founding father Amerika. Kabur dari rumah di usia yang masih terhitung remaja, 17 tahun. Pria ini memulai perjalanan panjang ke london. Terinspirasi dari perjalanan itu ia memulai usaha printing. Perjalanan paling penting bagi amerika adalah ketika ia traveling ke francis untuk memenangkan perang saudara dan mendeklarasikan kemerdekaan. Total kekayaan pribadi 10 Milyar Dollar Amerika. Fotonya selalu dicetak dalam setiap lembar dollar amerika sampai saat ini.

Elizabeth Gilbert

Elizabeth Gilbert penulis novel eat pray love

Indonesia, India, dan Itali adalah negara yang ia kunjungi pada usia 37 tahun. Perjalanan ke tiga negara itu menghabiskan waktu satu tahun. Namun perjalanan itu tidak lah sia-sia, selama perjalanan panjang itu ia menulis sebuah novel yang saat ini telah terjual 9 juta copy. Setelah novel Eat, Pray, Love diadaptasi ke dalam sebuah film nilainya mencapai 204 juta dollar Amerika dari hasil penjualan Box Office.

Shahid Khan

shahid khan membeli saham fullham football club

Owner dari Flex-N-Gate ini memulai perjalanan dari pakistan ke amerika pada usia 16 tahun. Di amerika ia bekerja sebagai tukang cuci piring dan tidur di lantai YMCA setiap malam. Saat ini ia memiliki sebuah perusahaan senilai 30 Milyar Dollar Amerika dengan total kekayaan pribadi senilai 6,9 Milyar Dollar Amerika.

Jeff Bezos

jeff bezos pendiri situs amazon kekayaannya mencapai ratusan milyar dollar amerika

Di usia 30 tahun, ia memulai perjalanan 3000 mil melintasi Amerika sambil menuliskan rencana dan ide bisnis. Sebuah bisnis tempat jual beli barang Amazon, yang saat ini nilainya mencapai 355 Milyar Dollar Amerika itu. Kekayaan pribadinya menyentuh angka 71 Milyar Dollar Amerika.

Orang-orang ini tidak lebih pintar atau lebih kaya dari anda, tetapi ia memilih untuk tetap traveling, mengamati dunia luar, mencari tahu apa yang orang butuhkan. Mereka tidak pernah mempermasalahkan uangnya akan habis selama perjalanan, karena mereka sadar bahwa “Traveling adalah Investasi tanpa resiko kerugian”.