Merasa Lemah Ketika Bangun Tidur? Sikapi Segera!

merasa lemah saat bangun tidur pagi hari

merasa lemah saat bangun tidur pagi hari

Tidur adalah surga dunia yang tidak bisa dibeli. Betapa pun letihnya kita setelah bekerja seharian, berfikir seharian, atau melamun seharian. Hanya dengan tidur, semuanya akan kembali normal seperti semula, badan terasa segar ibarat tubuh kita sudah direset ulang.

Namun seringkali saat bangun dari tidur, terutama pada waktu bangun pagi kita malah merasa lemah tak berdaya. Kepala puyeng, dan gravitasi bumi seolah meningkat 3 kali lipat. kita ingin melanjutkan tidur, tidur dan tidur yang malah membuat kepala semakin pusing.

Beberapa hal ini perlu anda perhatikan agar anda tidak bangun pagi dalam keadaan lemah

Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang salah ternyata penyebab utama badan terasa lemah dan kepala terasa pusing di pagi hari. perbaiki posisi tidur anda dari miring, bengkok, gaya pistol, dan lain-lain untuk mendapat kualitas tidur terbaik.

Bermain gadget sebelum tidur

Layar gadget memancarkan sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet ini bisa mengganggu kesehatan mata. dan perlu anda tahu bahwa mata adalah bagian dari otak. jadi, wajar saja kalau kita akan merasa pusing jika terlalu banyak bermain gadget di malam hari. Terlebih di saat menjelang tidur, kita sudah mematikan lampu dan kamar menjadi gelap. Otomatis retina mata melebar dan membuat efek paparan sinar ultraviolet bertambah 3 kali lipat.

Ukuran dan tekstur bantal kurang pas

Jika bantal anda terlalu tebal atau terlalu keras, maka bisa dipastikan keesokan harinya anda akan terbangun dalam keadaan pusing, otot leher kaku, dan kadang susah menoleh ke samping. pastikan anda memilih bantal dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dan mempunyai tekstur lembut.

Suhu Kamar Terlalu Panas

Tidur di ruangan bersuhu tinggi juga mempengaruhi kualitas tidur. Panas merupakan gelombang elektromagnetik yang bisa menginterfer (bentrokan) dengan gelombang otak kita. ini akan membuat otak kita kebingungan dan secara terus menerus berusaha memproses gelombang panas tersebut. Jangan lupa perbaiki ventilasi dan sirkulasi ruang tidur anda jika tidak ingin menggunakan pendingin ruangan.

Minum sebelum tidur

Minuman seperti teh, kopi, dan soda tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Minuman tersebut mengandung cafein yang bersifat stimulan, membuat kepala susah mengantuk. selain itu kandungan gulanya bisa memicu produksi insulin pada kelenjar pangkreas anda. Anda bisa minum air putih secukupnya, jangan berlebih. jika tidak, tidur anda bisa terganggu karena harus ke kamar mandi.

Makan malam tidak tepat waktu

Waktu makan malam yang baik idealnya pada jam 7 sampai 9 malam. sementara waktu tidur yang ideal adalah jam 10 sampai paling lambat jam 12 malam. Jika anda makan menjelang tidur, maka anda akan tidur dalam keadaan lambung masih bekerja dan memproduksi asam untuk memproses makanan. asam lambung bisa naik ke tenggorokan jika anda dalam posisi tidur. wah.. kebayang kan panas dan keringnya tenggorokan kalau asam lambung mengalir ke tenggorokan.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana menciptakan tidur yang yang seru?