Lapar Terus-Terusan? Ternyata ini Penyebabnya.

alasan mengapa perut kita selalu lapar e1496915322772

penyebab lapar terus menerus

Pernah merasakan lapar terus-terusan walaupun sudah makan besar? Wah… itu berarti anda harus hati-hati. Banyak mitos yang mengatakan, ketika seseorang merasa terus-terusan lapar walaupun sudah makan sebelumnya, itu mengindikasikan ada mahluk lain yang sedang ‘nebeng’ di dalam tubuhnya. Hiyy… serem ya!? Tapi percayalah, itu hanya mitos belaka.

Hal yang sebenarnya terjadi adalah, lemak di dalam darah anda sedang meningkat (Triglicerida). Hal inilah yang mengakibatkan nafsu makan anda menjadi menggila. Triglicerida sendiri adalah lemak di dalam darah yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Bila jumlahnya berlebihan Triglicerida akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Tingginya kadar Triglicerida sama berbahayanya dengan kolestrol jahat di dalam tubuh dan beresiko memicu penyakit jantung. Ini dia mengapa seringkali orang mati mendadak karena serangan jantung. Sangat berbahaya kan?!

Biasanya meningkatnya Triglicerida tidak menimbulkan gejala apapun, selain penimbunan lemak di dalam perut yang membuat orang terlihat gemuk. Namun pada penyakit tertentu seperti kolestrol, diabetes atau darah tinggi, peningkatan Triglicerida dapat memperburuk kondisi penyakit yang diderita.

Adapun penyebab dari meningkatnya Triglicerida di dalam tubuh adalah sebagai berikut:

Lemak Jahat

Lemak jahat ini biasanya datang dari pola makan yang buruk. Misalnya sering makan makanan yang mengandung lemak jahat seperti gorengan, junk food, daging-daging berlemak, dsb. Ingatlah, anda adalah apa yang anda makan.

Tidak Olahraga

Tidak olahraga tentu saja hal yang buruk bagi tubuh dan dampaknya tidak hanya pada meningkatnya Triglicerida tetapi juga pada munculnya berbagai penyakit lain. Jadi sisihkanlah sedikit waktu anda untuk berolahraga di tengah kesibukan anda yang membludak.

Gula

Siapa sih yang tidak tahan ingin mencoba sesuatu yang manis?! Tapi tahanlah! Ini demi kesehatan anda. Jumlah gula maksimal yang seharusnya dikomsumsi orang Indonesia adalah 4 sendok makan sehari lho… Hayoo hari ini sudah berapa banyak gula yang dikomsumsi? Jangan sampai anda menikmati manis di awal dan menderita pahit di belakang.

Alkohol

Mengkomsumsi minuman berakohol memang banyak dampak buruknya. Jadi sebisa mungkin, hindarilah minuman yang satu ini. Sayangilah tubuh anda. Triglicerida mengintai anda. Waspadalah! Waspadalah!

Berat badan berlebih

Berat badan berlebih adalah pemicu utama meningkatnya Triglicerida di dalam arah anda. Jadi coba cek apakah berat badan andaa sudah ideal atau belum.

Tapi jangan khawatir! Jika kita rajin olahraga dan beraktifitas, mekanisme tubuh kita akan secara alami menghilangkan Triglicerida berlebih di dalam darah. Tapi jangan salah sangka dulu, bagaimanapun tubuh kita masih membutuhkan lemak sebagai energy dalam jumlah yang seimbang. Kadar Triglicerida yang normal sendiri adalah sekitar 150-200. Jika berlebih, anda sebaiknya langsung menemui dokter untuk mendapatkan penanganan.

Makanan yang dapat menurunkan Triglicerida berlebih di dalam tubuh.

Ikan-ikanan

Komsumsilah ikan-ikanan seperti salmon, sarden, dan tuna (atau ikan apapun yang ada di sekeliling anda). Karena protein yang terkandung di dalamnya sangat bagus untung menurunkan kadar Triglicerida yang berlebih di dalam tubuh.

Bayam dan Sayur-sayuran Hijau lainnya

Sayuran murah meriah ini sudah terbukti ampuh untuk membasmi Triglicerida berlebih di dalam darah . Tapi ingat, komsumsi bayam tidak lebih dari 4 jam setelah dimasak. Agar bayam yang baik tidak berubah menjadi jahat. Sayur-sayuran hijau lainnya juga berfungsi untuk membantu metabolism pembuangan Triglicerida.

Serat sayur-sayuran bisa mengikat lemak di perut dan membuangnya bersama pup. Jadi jangan malas makan sayur ya!Dan ingat harus dimasak dengan benar.

Kacang Merah

Kacang merah sama halnya dengan sayuran hijau berfungsi ampuh membantu metabolism pembuangan Triglicerida berlebih di dalam tubuh.

Anggur atau Buah-buahan berwarna Gelap

Kandungan antioksidan di dalam Anggur atau Buah-buahan berwarna Gelap

Sangat baik untuk mengurangi kelebihan Triglicerida.

Minyak zaitun

Hal yang sering keliru dalam mengkomsumsi minyak zaitun adalah digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Gunakan minyak zaitun sebagai dressing atau tuangkan apa adanya di makanan saja, agar lemak baiknya tidak hilang.