Puasa Medsos, Ini Keuntungannya..

puasa medsos e1497575632295

Terinspirasi dari status Afi, anak SMA asal Banyuwangi yang viral di medsos beberapa waktu lalu penulis iseng-iseng buat tantangan nih. Tapi tunggu dulu, udah tahu belum status si Afi kaya’ gimana? Kalau belum tau nih baca, siapa tau bisa membasmi virus nyinyir yang hendak menjangkiti kepala kita-kita;

puasa medsos gadis sma
source: http://inet.detik.com/read/2016/12/11/193059/3368851/398/status-facebook-siswi-sma-banyuwangi-tuai-pujian-netizen

Gimana udah dibaca? Belum? Wah.. ente ini gimana. Tapi gapapa sih.

Kalau males baca yaudah, penulis kasi sinopsisnya aja yak? Status itu intinya menceritakan pengalaman Afi yang tak menggunakan medsos alias puasa medsos selama beberapa hari. Nah dari pengalaman itu ia mendapatkan banyak sekali pelajaran beharga salah satunya tentang perbedaan di medsos yang memicu kebencian dan permusuhan, padahal kan tujuan medsos dibuat untuk silaturahmi.

Nah… dari status itulah penulis terinspirasi untuk membuat tantangan puasa medsos. Gampang aja sih caranya, cuma gak aktifin sosmed selama tiga hari aja. SEMUA MEDSOS TANPA TERKECUALI. Hanya sms dan telpon  yang bisa dijadikan alat komunikasi. Widih serem yak? Serasa gak boleh makan dan minum selama itu hahahaha

Kalau puasanya batal, yang ikutan tantangan ini harus memberikan dua bungkus sarapan kepada petugas kebersihan yang menyapu jalanan secara sukarela. Hayoo berani kagak lu???

Untuk memperkuat niat puasa medsos, ada baiknya kita mengingat kembali  dampak negatif yang dapat disebabkan oleh medsos:

Bisa berpotensi besar menimbulkan IRI HATI

Peneliti dari Jerman menemukan bahwa melihat keberhasilan teman melalui posting-an dapat memicu perasaan iri, menderita, dan kesepian. Serem yak?

Susah tidur di malam hari!!!

Ini terjadi karena keseringan scroll timeline yang buat kecanduan dan akhirnya susah tidur

Gak produktif!!!

Tugas-tugas dan kerjaan numpuk, tapi malah buka medsos trus. Gak kelar-kelar dah tuh…

Stress

Para peneliti dari University of Edinburgh menemukan bahwa masyarakat yang memiliki banyak teman di jejaring sosial Facebook memiliki kemungkinan stres yang lebih besar.

Dan masih banyak lagi dampak negatifnya…

Gimana? Sanggup puasa medsosnya??? Insyaallah bisa berdampak baik bagi kesehatan.