Rahasia Tersembunyi Dibalik BAB Lancar dan Rutin

Rahasia Tersembunyi dan tips agar BAB Lancar dan Rutin

Pup kamu gak lancar? Wah ini bisa membuat hari-hari kamu tersendat. Rasa begah di perut yang diakibatkan oleh jarang pup bisa mengganggu aktifitas sehari-hari kamu.

Oleh karena itu, memiliki siklus pup yang lancar adalah salah satu anugerah yang luar biasa. Gak harus di jam, menit, dan detik yang tepatlah.. yang terpenting kamu bisa pup rutin.

Karena.. normalnya, perut kita akan mengeluarkan kotoran dan sisa-sisa yang kita makan dalam kurun waktu  3 kali sehari sampai satu kali dalam tiga hari.

Nah.. Berikut tips agar pup kamu lancar jaya!!!!

Minum Minuman Hangat

Minum Minuman Hangat
Teh hangat, susu hangat, atau kopi hangat bisa menjadi pilihan untuk kamu agar bisa pup lancar. Minuman hangat bisa berperan seperti vasodilator, ia melebarkan pembuluh darah di erist pencernaan dan meningkatkan aliran darah serta aktivitas usus. Selain itu minum minuman dingin gak terlalu bagus untuk kesehatan.

Jangan Mager!

lakukan peregangan
Para pelari biasanya melakukan pemanasan setelah bangun tidur untuk merangsang gerakan usus sehingga mereka bisa ke toilet sebelum mengikuti kompetisi lari lho..

Malas gerak akan berpengaruh terhadap kesehatan saluran pencernaan kamu. Bergerak yang aktif atau aktifitas fisik sangat penting untuk mencegah sembelit. Karena itu ayo contoh si pelari, ketika bangun tidur lakukan pemanasan-pemanasan kecil agar merangsang pup kamu untuk keluar.

Makanlah serat yang banyak dan minum air putih yang cukup!

Makanlah serat yang banyak dan minum air putih yang cukup!
Makanan kamu sangat mempengaruhi siklus pup kamu. Ini sebenarnya hal yang sangat utama. Supaya pup kamu lancar, perbanyak minum air putih, makan makanan berserat seperti sayur atau buah-buahan, serta kurangi daging-dagingan, makanan pedas dan makanan berminyak.Supaya lambung dan ususmu mudah mencerna dan kamu bisa pup dengan lancar dan bahagia.

Disiplinkan perutmu!

Disiplinkan perutmu!
Kamu percaya gak, kalo kebiasaan itu bisa dibentuk? Seperti bangun pagi, pup di pagi hari juga bisa dibiasakan. Caranya bangunlah lebih pagi karena dengan begitu kamu bisa melakukan aktiftas leih awal sehingga pup kamu juga punya giliran lebih awal. Inget tips untuk melakukan aktifitas fisik diawal kan? Nah.. jadi selain melakukan aktiftas fisik setelah bangun tidur, bangunlah lebih awal untuk mendapatkanjadwal pup yang teratur.

Pijatan

Pijatan
Lakukan pijatan lembut di bagian perineum, area antara organ genital dan anus, bisa membantu memecah dan melembutkan tinja untuk orang yang sering mengalami sembelit. Ini sudah terbukti secara ilmiah lho…

Hindari STRESS!!

Hindari STRESS!!
Stress banyak ruginya!!! Salah satunya bisa membuat kamu susah pup. Karena usus harus dalam kondisi rileks untuk bisa buang air dengan lancar,. Saat erist dan banyak pikiran, gerakan eristaltic usus yang mendorong kotoran keluar dari tubuh akan terganggu sehingga jadwal buang air besar akan berubah dan menjadi tidak teratur.

Jangan dipaksa!

Jangan dipaksa!
Siapa sih yang suka dipaksa????

Begitu juga sama pup. Meski buang air besar secara teratur itu penting, namun jauh lebih penting lagi untuk tidak memaksakan diri. Apabila dalam beberapa menit tidak keluar juga, maka sebaiknya jangan mengejan karena hal itu akan meningkatkan tekanan darah dan membuat usus mengalami stres. Kasian kan.. jadi relax saja!