Rekomendasi Terapi Diri Untuk Penderita Depresi

rekomendasi terapi diri menghadapi depresi

Statistik dari WHO menyatakan bahwa depresi merenggut lebih dari 850.000 jiwa setiap tahun. Banyak sekali ya? Parahnya kebanyakan dari orang yang mengidap depresi atau orang-orang disekelilingnya seringkali tidak menyadari apa yang sebenarnya tengah terjadi. Agar lebih tau gejala-gejala depresi, bisa baca pada artikel berikut ini:

http://www.seruaja.com/ingin-bunuh-diri-karena-depresi-wait-baca-dulu/

Nah sudah tau kan sekarang?

Tentu saja ketika depresi tengah menyerang anda, jalan terbaik adalah mengkonsultasikannya ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, anda juga bisa melakukan terapi diri sendiri untuk membuat kondisi anda membaik.

Berikut ada beberapa terapi yang dapat anda lakukan pada diri sendiri ketika mengalami depresi:

Semua pikiran negatif itu bohong!

Semua pikiran negatif itu bohong!

Saat depresi pikiran-pikiran negatif seperti anda tidak berharga, tak ada yang menyukai dan mencintai anda, anda lemah, dan sebagainya pasti berdengung di kepala anda seperti lebah. Tapi percayalah itu semua bohong! Sulit mempercayainya memang karena anda sedang berada dalam kondisi depresi. Tetapi anda harus berani meneriakkan bahwa pikiran-pikiran itu bohong.

Anda perlu mengatakan pada diri anda sendiri bahwa:

Anda berharga, orang-orang menyukai dan mencintai anda, atau anda kuat

secara terus menerus meski rasanya itu bohong. Lafalkan terus menerus tiap kali pikiran negatif itu muncul.

Kembali lakukan hal-hal yang anda suka!

lakukan hal-hal yang anda suka!

Ketika mengalami depresi minat pada hobby atau passion yang biasa anda lakukan mungkin saja berkurang atau tiba-tiba hilang. Tetapi pelan-pelan kembali dekati hobby dan passion anda. Jangan pikirkan apapun selain hal-hal tersebut dapat membuat anda bahagia. Melukis, menulis, bernyanyi, atau apapun itu lakukanlah tanpa banyak pertimbangan.

Mendekatkan diri dengan orang-orang terkasih

Mendekatkan diri dengan orang-orang terkasih

Menarik diri dari lingkungan sekitar adalah hal yang paling umum dilakukan oleh orang yang terserang depresi. Salah satu alasannya mungkin karena merasa tidak diterima atau pikiran-pikiran negatif lainnya. Tapi coba pelan-pelan dekatkan diri pada orang-orang yang mengasishi anda, keluarga, sahahabat, teman dekat. Kasih sayang tulus mereka akan memberikan perasaan nyaman pada diri anda ketika anda berada pada kondisi depresi.

Sharing dengan sesama penderita depresi

Sharing dengan sesama penderita depresi

Dengan catatan, pastikan teman sharing anda adalah orang yang tepat dan telah berhasil melalui masa depresinya. Karena terkadang, mendengar penderitaan orang lain yang lebih buruk dari kita bisa membuat kita merasa lebih baik. Selain sharing dengan sesama penderita depresi atau gangguan psikis lainnya cenderung bisa lebih memahami anda. Hal ini sedikit banyak dapat membantu anda untuk melewati phase depresi yang tengah anda alami.

Kembali dekatkan diri pada Tuhan

Kembali dekatkan diri pada Tuhan

Apapun agama atau keyakinan anda, kembali berserah diri kepada Tuhan adalah salah satu terapi diri yang ampuh. Setiap agama pastinya mengajarkan pemeluknya untuk tidak berputus asa dan tentunya kasih sayang Tuhan tidak ada batasnya. Karena itu, kembali solatlah atau datanglah ke gereja, kuil.. berdo’alah. Semuanya pasti akan baik-baik saja.