Tak Banyak Yang Tahu, Putra-Putri Bangsa Kita Disegani di Luar Negeri.

12923091 1160709883939925 1366430787029806028 n

Di tengah hiruk pikuknya dunia politik dan bisnis di Indonesia yang… ah sudahlah! Tak ada salahnya untuk kita mengetahui fakta-fakta tentang putra bangsa kita yang ternyata sangat membanggakan di kancah Internasional ini.

Karya mereka seperti oase di tengah padang gersang yang maha luas. Setidaknya, dengan keberadaan mereka dapat memberi secercah harapan untuk bangsa ini lebih banyak berkarya dari pada mencela.

Baiklah, mari kita ulas siapa saja mereka dan apa saja yang mereka telah lakukan.

Pemenang Thought for Food Challenge Swiss

Pemenang Thought for Food Challenge Swiss

Tahukah anda bahwa ternyata larva serangga bisa dijadikan pengganti minyak sawit?

Yup! Inilah yang telah berhasil ditemukan oleh empat mahasiswa FTB UB Malang yang kemudian berhasil menjadi pemenang kedua kompetisi pangan di Zurich, Swiss menyisihkan 416 tim dari 106 negara. Keceh!!!

Mereka adalah Musyaroh (TIP 2013), Mushab (TIP 2012), Anik Haryanti (TIP 2013) serta Mohammad Ifdhol (TIP 2012). Minyak goreng serangga ini dibuat dari larva kumbang mealworm yang berkembang biaknya cepat. Dengan kandungan zat besi, omega-3, dan omega-6 sangat bagus untuk penderita anemia bahkan lebih sehat.

Bravo deh pokoknya untuk keempat mahasiswa ini!

Pemenang International Biology Olympiad (IBO)

Pemenang International Biology Olympiad (IBO)

Pada bulan Juli 2016 lalu, Wilson Gomarga, anak SMA yang baru berusia 18 tahun asal Indonesia ini berhasil mengalungkan mendali emas pada ajang International Biology Olympiade (IBO) ke-27 di Hanoi, Vietnam.

Pemuda tampan ini berhasil menyingkirkan 253 peserta dari 68 negara!!! Di saat anak-anak seusianya memilih nongkrong di jalanan atau main gedget tak jelas, pemuda ini memilih menenggelamkan diri di dunia biologi. Dan kecintaannya pada dunia sains ini akhirnya berbuah manis.

Sekilo jempol deh buat Wilson!!!

Pemenang Japan International Choice Manga

Pemenang Japan International Choice Manga

Pemberian penghargaan kepada komikus dari seluruh dunia di luar jepang dari Kementrian Luar negeri Jepang ini telah dilakukan sebanyak 10 kali salama 10 tahun belakangan. Dan surprise!!! Dua komikus asal Indonesia berhasil membawa pulang mendali perunggu ke tanah air tercintah. Wah Bangga!

Mereka adalah Dimaz Sadewa asal Sleman dengan komiknya berjudul “Woelan” dan Ann Maulina asal Bandung dengan ‘Raruurien’.

Pemenang World Reader’s Award 2016

Pemenang World Reader’s Award 2016

Nama Eka Kurniawan memang sudah tidak asing lagi di dunia kesusastraan Indonesia. Karya-karyanya seperti cantik itu luka, lelaki harimau, seperti dendam rindu harus di bayar tuntas, dan kumpulan cerpen yang lainnya selalu berhasil mendapatkan posisi di hati kalangan penikmat sastra.

Dan beberapa waktu yang lalu, melalui karyanya Cantik Itu Luka, Eka Kurniawan berhasil menjadi pemenang World Reader’s Award 2016!!! Setelah sebelumnya menjadi nominator penulis fiksi terbaik di The Booker Prize 2016.