Termasuk Tipe Orang Tua Manakah Anda?

tipe orang tua e1497576837617

Disiplin jenis apa yang anda gunakan dalam menangani anak-anak anda? Apakah anda lembut atau easy going atau apakah anda seorang yang ketat dalam hal disiplin? Ada baiknya untuk kita sebagai orang tua atau calon orang tua menyadari hal tersebut agar dapat mengasuh anak dengan baik.

Berikut adalah berbagai tipe disiplin yang biasa diterapkan oleh orang tua.

Ketat dan Otoriter

orang tua Ketat dan Otoriter

Anak tidak diberikan kesempatan untuk kerauan dan standar perilaku yang sangat tinggi yang diatur dengan sedikit toleransi tanpa mempertimbangkan karakteristik individual anak. Eksprei diri anak tidak didorong dan rentang prilaku yang pantas diperketat. Sebagai akibat dari peraturan ketat yang diberlakukan, anak-anak berpikir bahwa mereka tidak boleh menampakan prilaku buruk. Mereka menjadi patuh dan segan, tetapi bisa mengeluh bahwa mereka telah diperlakukan tidak adil. Orang tua yang terlalu ketat menjalankan resiko memiliki anak yang pada suatu tahap ke depan menjadi anak yang suka melawan dan marah terhadap orang tuanya dan terhadap orang-orang yang memiliki otoritas.

Easy Going dan Pemurah

Orang Tua Easy Going dan Pemurah

Dengan orang tua yang lembut dan pemurah, anak biasanya merasa bahwa mereka bisa melakukan apa saja yang mereka suka dan inginkan. Mereka menjadi percaya pandangan mereka adalah sama pentingnya dengan pendapat orang tua mereka. Jika seseorang mengatakan bahwa ‘tidak, kamu tidak bisa’, mereka menjadi tertekan dan marah. Anak dengan orang tua yang terlalu easy going cenderung menjadi percaya diri dan tumbuh dewasa, memperlakukan orang dewasa dengan cara yang sama. Perlahan-lahan anak akan semakin menuntut dan dikatakan bahwa mereka terlalu memiliki keinginan yang besar dan manja.

Tidak Konsisten dan Tidak Bisa Diprediksi

orang tua Tidak Konsisten dan Tidak Bisa Diprediksi

Jika setiap orng tua mengatur standar perilaku yang berbeda pada setiap anak mereka, bahkan ketika perbedaannya konsisten, anak tidak akan yakin akan apa yang diharapkan dari mereka dan cenderung tidak memperhatikan orang tua mereka. Orang tua yang lebih lunak dalam bersikap akan menghadapi kesulitan yang besar dalam hal disiplin.

Tidaklah mudah dalam menjaga agar disiplin tetap konsisten setiap saat, ketika anda harus berhadapan dengan prilaku nakal. Mungkin anda sedang merasa lelah dan capek dalam suatu kesempatan, dan khususnya menjadi pemuah pad waktu kesempatan yang lain, tetapi jika anak anda tida bisa bergantung pada anda untuk mengambil jalur yang sama setiap saat, jangan mengharapkan terlalu banyak hal dapat diambil dari apa yang anda katakan.

Sumber

Tandy, Novita. Bad Behaviour, Tantrums, and Tempers. Jakarta. Alex Media. 2010