Tips Berkendara Hemat Bensin dan Solar

Trik Jitu hemat Bensin Kendaraan Hanya Dengan Dua Ribu

Siapa sih yang tidak ingin berkendara jauh tetapi tidak sering mampir di pertamina. Entah karena alasan malas atau memang karena ingin menghemat bajet. Jangan khawatir, karena beberapa tips berikut ini dapat menolong anda:

Jangan Panaskan Mesin Terlalu lama

Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendaraan. Selama mesin bekerja maka bahan bakar tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.

Kecepatan Kendaraan Stabil

Pertahankan kecepatan kendaraan sedapat mungkin sekira 70-80 km/jam atau RPM di bawah 3000.

Jangan Terlalu Cepat

Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu. Semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga  bahan bakar minyak yang harus dikirim pun semakin besar.

Sesuakan Gigi percepatan

Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.

Contoh:

Gigi 1     Kecepatan 0-20 km/jam

Gigi 2     Kecepatan 20-40 km/jam

Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam

Baca Juga: Tips Agar Aman Berkendara di Jalan basah

Atur Tekanan Gas

Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.

Perhatikan Muatan

Hindari muatan yang berlebihan. Untuk membawa beban yang besar dibutuhkan tenaga yang besar yang berarti bahan bakar yang seimbang.

Nyalakan Saat Perlu

Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir)

AC Temprature Rendah

Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperature yang tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat  kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikanbila perlu.

Perhatikan Kopling

Jangan letakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendaraan atau berkendaraan dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepernuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.

Pilih Bahan Bakar

Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Ban yang tepat

Gunakan ban dengan kembang dan tekanan angin yang tepat.

sumber

45 Tips Otomotif