Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar

tips menyimpan sayuran e1496915241230

Menyimpan makananan di dalam kulkas, memang salah satu solusi untuk membuat mereka bisa bertahan lebih lama dan tetap segar. Tetapi tahukah anda, ada beberapa tips yang bisa membuat makanan anda bisa bertahan segar lebih lama dari yang biasanya. Berikut ulasannya!

Bungkus Apel Satu Persatu Dengan Kertas

cara mengawetkan apel secara alami

Buah apel memang terkenal bisa bertahan lebih lama dari buah-buahan yang lain. Tetapi tahukah anda ada cara yang bisa membuat apel-apel anda tetap segar dan dapat mempertahankan rasanya seperti baru dipetik?
Yang yang perlu anda lakukan adalah, pastikan apel-apel anda tidak bersentuhan satu sama lain. Anda bisa membungkus mereka dengan tissue atau koran bekas sebelum memasukannya ke dalam kulkas.

Taruh Wortel di Dalam Pasir

cara mengawetkan apel secara alami

Ketika berkunjung ke pantai, anda mungkin sebaiknya membawa pulang sejumlah pasir ke rumah anda. Atau anda mungkin sebaiknya mengamankan pasir bersih yang ada disekitar rumah anda. Karena pasir dipercaya sangat bagus untuk mengurangi penguapan dan pembusukan, oleh karena itu akan sangat bagus jika anda menyimpan wortel-wortel anda di dalam sebuah wadah yang berisi pasir kering.

Taruh Daun Bawang di dalam Segelas Air

cara mengawetkan daun bawang secara alami

Daun bawang bisa bertahan segar lebih lama jika anda menaruhnya di dalam gelas berisi air. Pastikan anda meletakkan ujung yang berakar pada dasar gelas, daun bawang anda akan tetap hijau dan segar—bahkan tumbuh—selama beberapa waktu.

Taruh Sayuran Hijau di Dalam Toples Kering

cara mengawetkan kubis secara alami

Biasanya ibu-ibu akan menaruh langsung sayuran hijau yang mereka beli di dalam kulkas, sehingga dalam beberapa hari sayuran hijau mereka akan layu dan mengering. Menaruh sayuran hijau langsung di dalam kulkas juga dapat membuat mereka mudah terkontaminasi dengan bau-bauan isi kulkas yang lain. Oleh karena itu, cara terbaik adalah simpan sayuran hijau anda di dalam toples yang kering dan tutuplah yang rapat. Anda bisa memotongnya terlebih dahulu untuk membuatnya tetap segar tanpa terkontaminasi aroma apapun dan tidak kering.

Bungkus Selada Dengan Kertas Tissue

cara mengawetkan selada secara alami

Membungkus Selada dengan kertas tissue akan membuat selada anda susah layu dan mengering. Kertas tissue berfungsi sebagai penyerap air pada selada yang akan membuatnya tidak kemana-kemana sehingga selada anda akan tetap kering.

Bekukan Susu di Freezer

cara mengawetkan susu secara alami

Jika ingin susu segar yang anda beli dapat bertahan selama 4-6 minggu dengan kondisi tetap segar, maka bekukanlah di dalam freezer anda. Tetapi ingat, pastikan jangan menaruh susu terlalu banyak ketika menyimpannya pada wadah. Luangkanlah sedikit ruang.