Yang Muda, Yang Sukses: Pengusaha Muda Sukses Indonesia

man with lots of money man wiht falling money e1496912716157

Menjadi sukses di usia muda memang impian banyak orang. Memiliki usaha dengan omset ratusan juta bahkan miliaran rupiah dengan memperkerjakan bayak karyawan memang terdengar sangat menggiurkan.

Disaat, orang-orang masih menjadikannya mimpi. Pemuda-pemudi asli Indonesia ini justru telah membuktikannya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim pendiri gojek

Nadiem Makarim adalah si empunya GO-JEK cuy! Dia lahir 4 Juli 1984 di Singapura tapi WNI kok walaupun mukanya kearab-araban gitu. Di keluarganya, dia satu-satunya pembisnis. Ayahnya seorang pengacara sementara ibunya bekerja di bidang non profit.

Laki-laki tampan ini lulusan Brown University dan Harvard University lho. Sebelum mendirikan Go-jek, Nadiem terlebih dulu bekerja menjadi Management Consultant di McKinsey & Company, Co-Founder dan Managing Editor Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer Kartuku.

William Tanuwijaya

William Tanuwijaya pendiri tokopedia

Siapa yang tidak kenal Tokopedia? Nah, pemuda imut kelahiran Pematang Siantar 18 November 1981 inilah cofoundernya. Pemuda lulusan BINUS ini dengan dibantu temannya Leontinus Alpha Edison, pada tanggal 17 Agustus 2009 lalu akhirnya resmi mendirikan Tokopedia.

Saat ini Tokopedia telah memiliki lebih dari, 15.446 merchant aktif, 367.000 produk, 15 juta pageviews per bulan, 800 ribu pengunjung. Sementara total transaksi yang terjadi di Tokopedia telah mencapai lebih dari 8,38 Milyar Rupiah / bulan.

Yang paling membanggakan adalah, pada tahun 2014 lalu Tokopedia berhasil mendapatkaninvestasi sebesar kurang lebih 1,2 juta triliun dari Sequoia Capital dan Soft Bank. Sequioia Capital adalah investor yang telah menanamkan modalnya di beberapa brand besar seperti Apple, Yahoo!, Google, dsb. Sequioia adalah investor yang mau berinvestasi kepada perusahaan perusahaan yang diprediksi akan menjadi perusahaan besar di kemudian hari.

Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq pendiri bimbel bintang solusi mandiri

Pemuda manis ini baru berusia 23 tahun, tetapi ia sudah sukses memiliki sebuah bimbel yang telah membuka tiga cabang sekaligus; bimbel “Bintang Solusi Mandiri”!!! Melalui bimbelnya ini Ia berhasil memperoleh omzet 360 juta rupiah perbulan!!! Dan keuntungan bersih miliknya 180 juta rupiah.

Konon dari kecil, pemuda kelahiran Jakarta 26 April 1993 ini memang sudah gemar berwirausaha. Dari menjual kelereng, gambaran, petasan sampai jadi penjual koran. Kini Hamzah juga memiliki bisnis baru, Sofabed, dengan keuntungan 100 juta rupiah perbulan.

Elang Gumilang

Elang Gumilang developer perumahan muda berprestasi

Elang Gumilang lahir tanggal 6 april 1985. Meskipun seorang lulusan dari Institut Pertanian Bogor, Elang sukses sebagai developer Perumahan. Ia berhasil membangun sebuah proyek perumahan di Bogor dengan moda awal hanya 300 juta rupiah dan berhasil meraup keuntungan mencapai 17 milyar.

Penghargaan-penghargaan yang pernah diraih Elang diantaranya Wirausaha Muda Mandiri Terbaik tahun 2007 dan Indonesia Top Young Enterpreneur pada tahun 2008 dari Warta Ekonomi.

Iqbal Azhari

Iqbal Azhari pendiri kampung properti

Iqbal lahir pada tanggal 11 juli 1994 di kota Surabaya. Dia merupakan mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada jurusan Statistik. Selama menjadi mahasiswa ia nyambi menjadi pengusaha. Dan hasilnya, kini ia berhasil memiliki beberapa usaha di usia yang terbilang sukses.

Iqbal merupakan founder & CEO PT. Kampung Properti Group “sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agency properti (jual-beli-sewa-investasi) dan digital advertising. Hampir dengan zero budget / modal nol ia mampu mendirikan perusahaan di bidang ini.

Merry Riana

Merry Riana pendiri merry riana organization

Siapa yang tidak mengenal Merry Riana dengan mimpi sejuta dolarnya? Yup! Perempuan cantik kebanggaan Indonesia di Asia ini telah mampu mendirikan MRO (Merry Riana Organization). MRO adalah badan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan anak-anak dan wanita. Dalam usia kurang dari 30 tahun, ia telah mampu mewujudkan mimpi-mimpinya!!!